RASIROSA KORLANTAS
Home>Kajian>TARC (Traffic Accident Research Center)>Penanganan Laka Lantas Jalan Ketapang – Pelang Menggunakan Traffic Accident Analysis...>

Penanganan Laka Lantas Jalan Ketapang – Pelang Menggunakan Traffic Accident Analysis

13 January 2021 14:50:49By admin

Satuan Lalu Lintas Polres Ketapang Polda Kalimantan Barat, kini selangkah lebih maju. Pasalnya mereka menggunakan Traffic Accident Analysis ( TAA ) untuk mendeteksi atau melancarakan proses olah tempat kejadian perkara ( TKP ) dalam kasus kecelakaan yang menonjol. Alat ini mulai menggeser cara lama berbasis manual.

Dalam simulasi terpadu penanganan kecelakaan di ruas jalan Ketapang – Pelang ( tepatnya di Desa Pelang, Kecamatan Matan Hilir Selatan ), TAA di aplikasikan untuk menganalisa kecelakaan antara sebuah mobil dump truck merk Hino dengan sebuah sepeda motor. Skenario kecelakaan tersebut menceritakan sebuah kondisi ruas jalan aspal rata, mulus, lurus dan menimbulkan korban jiwa.

Polisi Lalu Lintas, tepatnya dibagian penanganan laka lantas di tuntut untuk bergerak cepat dalam menangani tugas masing-masing. Di unit satuan lalu lintas Polres Ketapang diharuskan untuk menyelesaikan pengumpulan informasi di tempat kejadian perkara ( TKP ) tanpa boleh mengesampingkan untuk penyelamatan korban terlebih dahulu.

Namun tak jarang pengumpulan informasi dari para saksi kurang akurat dan menyita waktu, berkat sistem TAA hal-hal tersebut diminimalisasikan. 

Sistem ini menggunakan metode grametri yang bertumpu pada rekaman data awal di lokasi kejadian. Bidikan foto mengarah titik berhenti kendaraan terlibat kecelakaan dan korban yang biasanya ditandai cat semprot atau kapur.

Proses ini seakan tidak jauh berbeda dengan olah TKP manual. Akan tetapi tidak dilanjutkan dengan pengukuran di lokasi karena sistem TAA yang berbasis komputer telah menggantikan.

Analisis data menghasilakan kesimpulan terkait kecepatan kendaraan, sistem pengereman dan kondisi sopir serta medan jalan. Hasil analisis di dukung dengan gambaran detik-detik terjadi kecelakaan melalui animasi grafis.

Source : Satlantas Polres Ketapang