RASIROSA KORLANTAS
Home>Informasi>Kapolres Situbondo Konferensi Pers Akhir Tahun 2020, Angka Kriminalitas dan Kecelakaan Menurun...>

Kapolres Situbondo Konferensi Pers Akhir Tahun 2020, Angka Kriminalitas dan Kecelakaan Menurun

29 December 2020 10:18:31By admin

Polres Situbondo, Akhir tahun 2020, Polres Situbondo menggelar Konferensi Pers Anev Kamtibmas meliputi kriminalitas, kecelakaan lalu lintas dan juga pengungkapan kasus selama, Selasa (29/12/2020)

Konferensi pers disampaikan langsung oleh Kapolres Situbondo AKBP Ach. Imam Rifai, S.H., S.I.K., M.PICT., M.ISS. didampingi Pejabat Utama Polres yang dihadiri wartawan media cetak, elektronik dan online yang ada di Situbondo.

Kapolres menyampaikan bahwa selama tahun 2020 jumlah tindak pidana atau kriminalitas tercatat 459 kasus sedangkan tahun tahun 2019 tercatat sebanyak 806 kasus. Apabila dibandingkan tahun 2020 terjadi penurunan 347 kasus atau 43%.

Untuk kasus kriminalitas selama tahun 2020 yang menonjol atau sering terjadi diantaranya pencurian dengan pemberatan (Curat) 87 kasus disusul penganiayaan berat (Anirat) 66 kasus kemudian pencurian sepeda motor (Curanmor)18 kasus selanjutnya pencurian dengan kekerasan (Curas) 15 kasus ditambah kasus ITE juga ada 8 kasus.

Sedangkan untuk kasus Narkoba selama tahun 2020 berhasil mengungkap 29 kasus atau terjadi peningkatan 9 kasus atau 45 % dibandingkan tahun 2019 yang hanya 20 kasus. Kasus narkoba yang ditangani diantaranya 14 kasus sabu dan 15 kasus obat daftar G serta yang berhasil diselesaikan sebanyak 19 kasus.

Sementara itu untuk kejadian kecelakaan lalu lintas tahun 2020 terjadi penurunan signifikan sekitar 22 % dibandingakan tahun 2019. Dari hasil survey hal ini disebabkan menurunnya jumlah pelanggaran lalu lintas karena meningkatnya kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas.

“ Secara garis besar untuk wilayah kabupaten Situbondo baik kriminalitas, kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas mengalami penurunan “ kata Kapolres

Usai pemaparan Kapolres, dilanjutkan sesi tanya jawab oleh wartawan diantaranya Izul Muntaqin dari Radar Situbondo, Ghazali dari detik.com, Diana dari RRI, Fathor Bari dari Faktualnews.com dan Imam dari Memo X.

Menutup acara konferensi pers, Kapolres mengucapkan terima kasih atas dukungan wartawan dan media yang selama ini sudah bersinergi dengan Kepolisian dalam rangka menjaga situasi kamtibmas di kabupaten Situbondo aman, nyaman dan kondusif.

“ Kami harap sinergitas dan kerja sama Polri dengan media dan wartawan tetap terjalin dengan baik dalam memberikan informasi kepada masyarakat secara faktual dan actual “ pungkasnya.

Source : Humas Polri